Mengenal Ilmu Falak – obsesi santri

Mengenal Ilmu Falak

download-2  Alhamdulillah ini adalah salah satu ilmu yang aku pelajari di         pondok yang amat aku sukai. karena belajar ilmu ini perlu memutar otak dan ketelitian kita karena sebagian metodenya adalah menghitung. Dan ketika kita hendak mempelajari ilmu ini kita wajib membawa kalkulator scientific. Kalkulator sangat berguna sekali untuk memperingan kita dalam menghitung..

Ilmu Falak adalah ilmu yng mempelajari perjalanan benda langit khususnya Matahari, Bulan, dan Bumi.

Tujuan dipelajarinya ilmu falak yaitu:
-untuk mengetahui waktu dalam sholat
-untuk mengetahuikapan jatuhnya tanggal dalam ibadah

ilmu Falak merupakan ilmu yang sangat tua, dan sudah dikenal sejak abad 20 sebelum masehi sebelum peradaban manusia.atau pada saat itu dikenal dengan ilmu perbintangan.
Pada abad 12 sebelum masehi di negri Tiongkok ilmu Falak mengalami kemajuan kemajuan dan mereka sudah mengetahui kapan terjadinya gerhana dan mengetahui peredaran benda benda langit. Ilmu Falak ini menduduki peringkat.

falak secara bahasa orbit atau lintasan benda benda langit , secara istilah falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang lintasan benda benda langit pada orbit masing masing dengan tujuan mengetahui waktu.nama lainya adalah ilmu Hisab yang mana ilmu ini bukan untuk mengetahui jarak namun posisi.

Leave a Reply

4 thoughts on “Mengenal Ilmu Falak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *